9 Tipe Berolahraga Persiapan Persalinan

olahraga ibu hamil

9 Tipe Berolahraga Persiapan Persalinan – Bikin badan Moms lebih fit, serta kokoh dikala melahirkan. Persalinan natural memerlukan persiapan ekstra dari segi raga serta mental. Moms dapat coba jalani berolahraga persiapan persalinan berikut ini.

Moms pasti menginginkan proses melahirkan wajar yang mudah, gampang, serta badan senantiasa fit, bukan? Buat itu, tetaplah olahraga serta aktif bergerak. Keseriusan serta tipe olahraganya sendiri memanglah butuh dikonsultasikan dahulu dengan bidan ataupun dokter.

Tetapi, jangan kurang ingat, waktu terbaik buat mengawali latihan kehamilan merupakan semenjak dini mengenali kalau Moms lagi memiliki buah hati. Nah, supaya idaman melahirkan wajar dengan gampang terwujud, memilih berolahraga persiapan persalinan berikut yang mempunyai khasiat buat menolong membuka panggul serta posisi balita dengan maksimal.

Jadi, Moms dapat melaksanakan persalinan dengan mudah.

Berolahraga Persiapan Persalinan

UT Southwestern Medical Center menguraikan, sepanjang masa kehamilan, pusat gravitasi hendak beralih, serta bentuk badan dan koordinasi badan hendak berganti. Sebagian otot hendak jadi kencang sedangkan yang lain hendak mengendur serta melemah.

Oleh sebab itu, berarti buat berolahraga persiapan persalinan buat menguatkan serta mengendurkan otot dan menolong Moms senantiasa aman serta kurangi luka pasca melahirkan.

Apa sajakah berolahraga persiapan persalinan yang nyaman buat bumil? Ikuti Moms!

1. Berjalan

Ya, jalur kaki merupakan berolahraga persiapan persalinan yang sangat gampang serta murah. Berolahraga ini bisa menolong melindungi penyeimbang badan dikala mendekati persalinan. Riset di The Journal of Perinatal Education menarangkan, perempuan yang berolahraga persiapan persalinan dengan bergerak ataupun berjalan, mempunyai persalinan yang lebih pendek.

Dan menerima lebih sedikit intervensi, serta rasa sakit yang tidak sangat parah. Berjalanlah paling tidak 30 menit satu hari di luar ruangan buat memperoleh hawa fresh, cahaya matahari, serta perasaan bahagia dari area dekat yang Moms amati.

Berjalan bisa menolong panggul bergerak lebih leluasa serta menolong gravitasi buat balita bergerak turun ke panggul Moms. Dalam menjelang persalinan, berjalan pula merangsang terbentuknya kontraksi sehingga mempermudah Moms buat melahirkan Sang Kecil.

2. Berlatih Duduk

Berolahraga persiapan persalinan berikutnya dengan berlatih duduk di atas bola gym. Kuncinya merupakan jauhi tiduran di kursi besar, sofa ayunan, serta tempat tidur. Lebih baik duduk tegak dengan bagian pelvis( panggul) sedikit ke depan.

Duduk di atas bola yoga sangat bagus buat bunda berbadan dua. Yakinkan bola lumayan ketat serta lumayan besar sehingga pinggul lebih besar dari lutut. Duduk di atas bola dalam yoga posisi tegak pula bisa mendesak terbukanya otot- otot panggul serta membagikan ruang untuk balita buat turun ke panggul buat persiapan persalinan.

Terdapat pula fakta yang menampilkan kalau memakai bola gym selaku berolahraga persiapan persalinan, bisa kurangi tekanan pikiran serta kecemasan, dan perih persalinan.

3. Yoga

Berolahraga persiapan persalinan yang bagus yang lain hoki99 buat bunda berbadan dua merupakan dengan duduk bersila. Metode ini bisa mendesak rahim ke depan, membentangkan kaki, serta membuka panggul lebih lebar.

Fokus mengendalikan nafas serta dikala Moms menarik nafas, diafragma serta bawah panggul hendak meregang. Khasiat yoga yang lain selaku berolahraga persiapan persalinan tercantum menolong tingkatkan energi raga perempuan berbadan dua bila persalinan berlangsung lama.

Tidak hanya itu, latihan yoga secara tertib pula sudah terbukti

4. Deep Squat

Tidak hanya itu, duduk dalam posisi jongkok pula sangat bagus buat menguatkan panggul dalam memperlancar persalinan. Berolahraga persiapan persalinan yang diketahui dengan squat ini baik buat melancarkan proses keluar balita dari serviks.

Squad dalam berolahraga persiapan persalinan menolong mengendurkan serta memperpanjang otot bawah panggul serta meregangkan perineum. Perinum merupakan otot, kulit, serta jaringan yang terdapat diantara kelamin serta anus.

Berdirilah dengan kaki lebih lebar dari lebar pinggul. Jongkok ataupun squat lama- lama sepanjang yang Moms dapat dengan kedua tangan silih melekat di depan. Jangan paksakan berolahraga persiapan persalinan ini bila Moms tidak kokoh ataupun tidak aman melaksanakannya.

5. Bersandar

Cobalah buat bersandar pada sesuatu barang buat berolahraga persiapan persalinan. Gravitasi hendak menarik punggung balita ke depan serta buatnya terletak pada posisi maksimal menjelang persalinan. Angkatlah lengan serta badan bagian atas di atas bola yoga serta memutar dikala panggul bergerak bisa mempersiapkan badan bagian dasar buat memperlancar persalinan wajar.

6. Pelvic Rocks( Pelvic Tilts ataupun Cat Cow Stretch)

Berolahraga persiapan persalinan ini melindungi pelvis senantiasa mengendur serta bagian dasar punggung lentur. Triknya bertumpu pada tangan serta lutut di atas matras yoga. Buang nafas serta gerakkan punggung dikala Moms mendekatkan kepala ke dagu.

Setelah itu tarik nafas serta lengkungkan punggung ke dasar dengan lembut serta amati ke atas ke langit. Posisi ini hendak menolong balita masuk ke posisi yang lebih baik buat mempersiapkan kelahiran. Ini pula hendak menolong meredakan ketidaknyamanan serta kurangi perih punggung dasar.

7. Pose Kupu- kupu( Butterfly)

Berikutnya yang tidak kalah berarti merupakan berolahraga persiapan persalinan dengan style kupu- kupu. Ini hendak membuka panggul serta membuat punggung dasar lebih lentur. Duduklah tegak serta rapatkan kedua telapak kaki. Angkatlah kaki naik turun hingga Moms merasakan peregangan.

Gerakan ini pula membuat sendi panggul lebih fleksibel, tingkatkan aliran darah ke badan bagian dasar, serta mempermudah persalinan.

8. Forward Leaning Inversion

Berolahraga persiapan persalinan selanjutnya dengan berlutut di tepi kursi ataupun tempat tidur. Lama- lama turunkan tubuh dengan bertumpu pada lengan di lantai. Pakai bangku ataupun mintalah dorongan pendamping Moms apabila butuh.

Perkenankan kepala menggantung dengan leluasa. Tahan sepanjang 30 detik kemudian kembali ke posisi semula. Bila balita sungsang, jalani berolahraga persiapan persalinan ini sepanjang 30 sampai 45 detik sebagian kali satu hari.

Perihal ini supaya posisi balita berganti serta siap buat melahirkan wajar.

9. Posisi Tidur Optimal

Begitu kehamilan berumur 20 pekan, mayoritas dokter serta bidan hendak melarang Moms tertidur telentang. Perihal ini sebab tidur telentang bisa memunculkan permasalahan dengan sakit punggung, respirasi, sistem pencernaan, sembelit, tekanan darah rendah, serta penyusutan perputaran ke jantung serta bakal anak.

Oleh sebab itu cobalah buat berolahraga persiapan persalinan dengan tidur pada posisi miring. National Institute for Health and Care Excellence( NICE) melaporkan, miring pada sisi kiri merupakan posisi tidur sangat maksimal.

Karena, ini dapat melancarkan aliran darah serta nutrisi yang menggapai plasenta serta bakal anak. Metode ini pula menolong balita terletak pada posisi sangat maksimal buat persiapan melahirkan. Yakinkan buat memakai bantal bonus selaku penyangga, paling utama di antara kedua lutut buat melindungi panggul senantiasa balance serta selaras serta pada perut ataupun bahu.

Nah, dari jenis pilihan olahraga menjelang persalinan mungkin Moms, bisa memilih yang mana yang tidak sulit untuk dilakukan dan tidak terallu berat untuk, dilakukan karena semua tergantung kesanggupan moms semua ya. Semangat dan semoga anak yang terlahir sehat